Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Museum SMB II menyimpan banyak peninggalan dan wawasan sejarah, mengenai Kerajaan Sriwijaya hingga Kesultanan Palembang Darussalam

Penulis: Nisyah
Editor: Ahmad Nurrosikin
Instagram : @museum_smb
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang 

Laporan Wartawan Wiki Sriwijaya Post, Chairul Nisyah

SRIPOWIKI.COM, PALEMBANG- Pegertian museum secara sederhana dapat dikatakan sebuah tempat yang digunakan untuk mnyimpan beragam barang ataupun peninggalan sejarah masa lalu.

Sedangkan berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 1995, museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa.

Salah satu Museum yang ada di Kota Palembang yaitu Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (Instagram : @museum_smb)

Museum Sultan Mahmud Badaruddin berlokasi tidak jauh dari kawsan Benteng Kuto Besak (BKB).

Berjarak sekitar dua kilometer dari Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), dan pintu masuk museum yang menghadap ke Sungai Musi dan Jembatan Ampera.

Museum SMB II menyimpan banyak peninggalan dan wawasan sejarah, mengenai Kerajaan Sriwijaya hingga Kesultanan Palembang Darussalam.

Untuk setiap kali masuk Museum SMB II, pengunjung cukup membayar tiket seharga, Rp.1.000 untuk anak-anak , Rp. 2.000 pelajar/mahasiswa, Rp. 5.000 untuk umum dan Rp. 20.000 untuk wisatawan mancanegara.

Museum SMB II buka setiap hari, pada hari libur nasional, museum ini akan jauh lebih ramai oleh pengunjung, baik dalam kota maupun luar Palembang'>Kota Palembang.

Arsitektur Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Sumber: Sriwijaya Post

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved